Wednesday, 5 March 2014
TES, PENGUKURAN, PENILAIAN, EVALUASI
TES, PENGUKURAN, PENILAIAN, DAN EVALUASI
TES
Istilah ini berasal dari bahasa
latin “testum” yang berarti sebuah piringan dari tanah liat. Istilah ini
dipergunakan dalam lapangan psikologi dan selanjutnya hanya dibatasi sampai
metode psikologi, yaitu suatu cara untuk menyelidiki seseorang. Penyelidikan
tersebut dilakukan mulai dari pemberian suatu tugas kepada seseorang atau untuk
menyelesaikan suatu masalah tertentu. Pada hakikatnya tes adalah suatu alat
yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus
dijawab oleh peserta didik untuk mengukur suatu aspek perilaku tertentu. Dengan
demikian, fungsi tes adalah sebagai alat ukur.
Menurut Anne Anastasia, tes adalah
alat pengukur yang mempunyai standar yang objektif sehingga dapat digunakan
secara meluas serta serta dapat betul-betul di gunakan untuk mmengukur dan
membandingkan keadaan psikis atau tingkah laku.
Lee .J. Cornbach, dalam bukunya
“essential of psychology testing” tes
merupakan prosedur yang sisitematis untuk membandingkan tingkah laku dua
orang atau lebih
Jadi tes merupakan alat atau
prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana,
dengan cara dan aturan-aturan yang sudah di tentukan.
Contoh: ulangan harian yang terdiri dari 50 soal
pilihan ganda
PENGUKURAN
Pengukuran adalah suatu proses atau
kegiatan untuk menentukan kuantitas “sesuatu”.Kata “sesuatu” bisa berarti
peserta didik, guru, gedung sekolah, meja belajar, papan tulis, dll. Dalam proses pengukuran tentu guru harus
menggunakan alat ukur (tes atau non
tes). Alat ukur tersebut harus standar, yaitu memiliki derajat validitas dan
reliabilitas yang tinggi.
Pengukuran menurut Arikunto dan
Jabar (2004) adalah kegiatan membanding suatu hal dengan suatu ukuran tertentu
sehingga sifatnya menjadi kuantitatif.
Pengukuran adalah penentuan besaran,
dimensi, atau kapasitas. Pengukuran adalah proses pemberian angka-anagka atau
label kepada unit analisis untuk mempresentasikan atribut-atribut konsep.
CONTOH: dari 50 soal pilihan ganda, Tia mendapat skor
42
PENILAIAN
Depdikbud 1994 mengemukakan
penilaian adalah suatu kegiatan untuk memberikan berbagai informasi secara
berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai
siswa.
Penilaian adalah suatu proses atau
kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi
tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat
keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dari pertimbangan tertentu. Kegiatan
penilaian harus dapat memberikan informasi kepada guru untuk meningkatkan
kemampuan mengajarnya dan membantu peserta didik mencapai perkembangan
belajarnya secara optimal. Implikasinya adalah kegiatan penilaian harus
digunakan sebagai cara atau teknik untuk mendidik sesuai dengan prinsip
pedagogis. Guru harus menyadari bahwa kemajuan belajar perserta didik merupakan
salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran .
CONTOH: skor yang diperoleh diolah, Tia mendapat
nilai yang sangat baik.
EVALUASI
Evaluasi merupakan suatu proses yang
sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana
tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa (Purwanto, 2002).
Pada hakikatnya evaluasi adalah
suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai
dan arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka
pembuatan keputusan.
Evaluasi adalah suatu proses bukan
suatu hasil (produk). Hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah
kualitas sesuatu, baik yang menyangkut tentang nilai atau arti, sedangkan
kegiatan untuk sampai pada pemberian nilai dan arti itu adalah evaluasi.
Membahas tentang evaluasi berarti mempelajari bagaimana proses pemberian
pertimbangan mengenai kualitas sesuatu.
CONTOH: setelah melalui tes, pengukuran, dan
penilaian, dapat ditentukan bahwa Tia lulus dengan hasil yang memuaskan dan
perlu dipertahankan.
Ilustrasi tes, pengukuran, penilaian, dan evaluasi:
Bu Tia ingin mengetahui apakah peserta didiknya sudah
menguasai kompetensi dasar dalam matapelajaran TIK. Untuk itu, Bu Tia memberikan
tes tertulis dalam bentuk objektif pilihan ganda sebanyak 50 soal kepada
peserta didiknya (artinya Bu Tia sudah menggunakan tes). Selanjutnya, Bu Tia
memeriksa lembar jawaban peserta didik sesuai dengan kunci jawaban, kemudian
sesuai dengan rumus tertentu dihitung skor mentahnya. Ternyata, skor mentah
yang diperoleh peserta didik sangat bervariasi, ada yang memperoleh skor 25,
36, 44, 47, dan seterusnya (sampai disini sudah terjadi pengukuran). Angka atau
skor-skor tersebut tentu belum mempunyai nilai /makna dan arti apa-apa. Untuk
memperoleh nilai dan arti dari setiap skor tersebut, Bu Tia melakukan
pengolahan skor dengan pendekatan tertentu. Hasil pengolahan dan penafsiran
dalam skala 0 – 10 menunjukkan bahwa
skor 25 memperoleh nilai 5 (berarti tidak menguasai), skor 36 memperoleh nilai
6 (berarti cukup menguasai), skor 44 memperoleh nilai 8 (berarti menguasai),
dan skor 47 memperoleh nilai 9 (berarti sangat memuaskan). Sampai disini sudah
terjadi proses penilaian. Ini contoh dalam ruang lingkup penilaian hasil
belajar. Jika Bu Tia menilai seluruh komponen pembelajaram maka berarti terjadi
evaluasi.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
20 komentar:
terimah kasih infonya
minta contoh sebuah penilaian, pengukuran, dan evaluasi nya dong min..
ini email saya jom75667@gamil.com
makasih sebelumnya :D
terimakasih, sangat membantu untuk tugas saya
terimakasih ilmunya
makasih loh buat share nya...
sangat membantu
Minta sata contoh Pinilian IPS email laiaaperianus@gmail.com
trims sangat membantu tugas saya
SANGAT MEMUASKAN
MAtur Suwun ..
Semoga Sukses..
Sukses selalu untukmu
tq min, sangt membantu.
trima kasih, berikan contoh penilaiaan
terimakasih,,sangat jelas perbedaannya
terima kasih
Alhamdulillah
terimakasih sangat membantu dalam penyelesaian tugas Saya :).
ππππ
thank you!!
Minta contoh sebuah penilaian,pengukuran dan evaluasinya dong min, ini email saya
ilhamfuadi25@gmail.com
Terima kasih
woow... makasii
Terima kasih, sangat membantu dalam tugas saya...
Post a Comment